Facebook zero,gratis?



Ketenaran Facebook memang bukan isapan jempol semata. Terbukti dari keberhasilannya yang membuat perbedaan internet di komputer dan ponsel lepas dari batasnya. Pada agenda Mobile World Congress 2010 yang dilaksanakan di Barcelona, Chamath Palihapitiya, salah satu perwakilan dari Facebook telah mempresentasikan rencana terbaru situs jejaring sosial ternama tersebut, yang mana kini lebih memfokuskan diri di bisnis jejaring sosial berbasis mobile. Memang salah satu faktor keberhasilan Facebook adalah karena mampu merambah pasaran ponsel dan menyebabkan lahirnya berbagai model hp online.Palihapitiya juga sempat memperkenalkan sesuatu yang baru dan belum pernah diperkenalkan ke publik sebelumnya yaitu Facebook Zero.

Anda bisa mengaksesnya langsung dari browser ponsel Anda melalui alamat URL: zero.facebook.com . Di sana Anda akan melihat semacam pengumuman bahwa operator Anda belum bisa menggunakan layanan tersebut. Tentu saja hal ini terjadi karena layanan ini memang masih baru dan operator telepon harus terlebih dahulu melakukan registrasi.

Palihapitiya sendiri hanya menunjukkannya sebentar, tapi bisa cukup jelas sekali bahwa itu merupakan layanan SMS yang mana nantinya bisa digunakan operator untuk memberikan layanan SMS gratis bagi penggunanya. Tapi kalau nantinya pengguna mencoba mengirimkan MMS maka pihak operator akan mengenakan biaya tertentu nantinya.

Tampaknya niat pihak Facebook meluncurkan layanan ini didasari oleh keberhasilan situs jejaring sosial tersebut merambah para pemilik ponsel untuk menggunakan layanannya. Ini semua tentunya tak lepas dari peran operator telepon yang ikut serta memperluas cakupan layanan Facebook. Sehingga sangat wajar sekali kalau akhirnya layanan ini diberikan gratis bagi para operator telekomunikasi tersebut.

Menurut sebuah email yang ditulis oleh juru bicara Facebook, Brandee Barker menuliskan bahwa Facebook Zero merupakan layanan seperti Facebook mobile yang ringan dan mudah diakses untuk mengirimkan pesan SMS dan MMS yang akan segera diresmikan beberapa minggu ke depan dan saat ini masih didiskusikan pada acara MWC. Nantinya layanan ini akan dapat digunakan oleh siapa saja dan dimana saja, yang mana layanan ini tak lepas dari kerjasama dengan berbagai operator telekomunikasi.


1 Responses So Far:

Boku no Blog mengatakan...

Informasi yang menarik..
Terimakasih sharenya dan sukses selalu

Beri Kritik,saran,info,dan lain sebagainya,Untuk Bukan Anggota Blog Bisa menggunakan Pengguna Anonim No SARA

Otlet Merchandise PSPS Pekanbaru Menyediakan Topi Tanduk,Syal,Baju Replika PSPS,Pesan Sekarang Juga..

Name:*
Email:*
Subject:*
Message:*
Telephone:*